Jual Charpy Izod Impact Testing Machine: Alat Uji Ketangguhan Material – PT. Global Deals Asia

Jual Charpy Izod Impact Testing Machine – Anda sedang mencari alat untuk mengevaluasi ketangguhan material yang dapat menguji efek Charpy dan Izod? Menginginkan informasi tentang spesifikasi, harga, dan cara menggunakan alat tersebut? Artikel ini ditulis untuk orang seperti Anda yang mengatakan ya.

Saya akan menjelaskan apa itu Charpy Izod Impact Testing Machine, mengapa itu penting, jenis, ukuran, harga, dan cara menggunakannya dengan benar dalam artikel ini. Selain itu, saya akan memberikan beberapa saran tentang cara memilih dan membeli alat ini dari penjual yang dapat dipercaya.

Apa itu Charpy Izod Impact Testing Machine?

Jual Charpy Izod Impact Testing Machine
Jual Charpy Izod Impact Testing Machine

Alat uji Charpy Izod Impact Testing Machine digunakan untuk mengukur kekuatan atau ketangguhan impak material. Kemampuan material untuk menyerap energi saat patah atau retak karena beban tumbuk yang cepat disebut ketahanan.

Alat ini dapat melakukan dua metode uji impak yang populer: uji impak Charpy dan uji impak Izod. Bentuk, ukuran, posisi, dan orientasi spesimen material yang diuji berbeda dalam masing-masing metode.

Uji impak Charpy menggunakan balok dengan lekukan V atau U di salah satu sisi. Spesimen diletakkan secara horizontal di antara dua penyangga dan dipukul di bagian tengahnya oleh palu pendulum. Lekukan tidak dekat dengan palu pendulum.

Uji impak Izod menggunakan spesimen silinder atau balok dengan lekukan berbentuk V di dekat salah satu ujungnya. Spesimen dijepit secara vertikal pada dasar alat dan kemudian dipukul di atas lekukan oleh palu pendulum. Lekukan harus menghadap ke palu pendulum.

Metode kedua menghitung nilai energi yang diserap spesimen saat retak atau patah. Nilai ini dapat digunakan untuk mengukur sifat mekanik material seperti kegagalan, kekerasan, dan keuletan.

Mengapa Charpy Izod Impact Testing Machine Penting?

Charpy Izod Impact Testing Machine adalah alat penting untuk mengevaluasi kinerja dan kualitas material yang digunakan dalam berbagai industri, termasuk konstruksi, mobil, pesawat, perkapalan, dan pertahanan.

Alat ini dapat digunakan untuk menghitung seberapa banyak energi yang diperlukan untuk memotong atau meretakkan material saat terkena beban tumbuk yang cepat. Anda juga dapat menghitung seberapa besar perubahan sifat mekanik yang disebabkan oleh suhu rendah atau tinggi.

Dengan demikian, Anda dapat memilih material yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi Anda. Anda juga dapat menghindari kerugian akibat kesalahan material yang dapat menyebabkan kerusakan, kecelakaan, atau bahkan kematian.

Jenis, Ukuran, dan Harga Charpy Izod Impact Testing Machine

Tergantung pada kapasitas, fitur, dan kualitas, Charipy Izod Impact Testing Machine memiliki berbagai jenis, ukuran, dan harga. Beberapa jenis alat yang umum dibeli adalah sebagai berikut:

  • Charpy Izod Impact Testing Machine Tipe Manual: Alat ini memiliki sistem mekanis yang memungkinkan penggerak palu pendulum dilakukan secara manual dengan tangan. Alat ini murah dan memiliki kapasitas rendah (0.5-25 Joule). Ini adalah alat yang tepat untuk pengujian sederhana dan skala kecil.
  • Charpy Izod Impact Testing Machine Type Semi-Automatic: Alat ini menggunakan sistem elektris untuk menggerakkan palu pendulum secara otomatis dengan menekan tombol. Alat ini memiliki kapasitas sedang (0.5-50 Joule) dan harganya menengah. Alat ini cocok untuk pengujian skala menengah dan standar.
  • Charpy Izod Impact Testing Machine Type Automatic: Alat ini menggunakan sistem komputer untuk menggerakkan palu pendulum secara otomatis melalui program. Alat ini memiliki kapasitas yang besar (0.5-750 Joule) dan mahal (sekitar 90 juta rupiah). Alat ini ideal untuk pengujian skala besar dan akurat.

Alat ini memiliki berbagai ukuran tergantung pada kapasitas dan fiturnya, tetapi biasanya memiliki panjang 500-1100 mm, lebar 350-1160 mm, dan tinggi 850-1760 mm, dan beratnya 125-450 kg.

Anda harus membandingkan harga alat ini dari berbagai sumber, baik online maupun offline, sebelum membelinya karena faktor lain seperti merek, kualitas, garansi, dan layanan purna jual memengaruhi harga.

Cara Menggunakan Charpy Izod Impact Testing Machine

Cara menggunakan Charpy Izod Impact Testing Machine sangat mudah asalkan Anda mengikuti instruksi yang benar. Berikut ini adalah cara menggunakannya untuk melakukan uji impak Charpy dan Izod:

  • Spesimen dari material yang akan diuji harus dipersiapkan sesuai dengan standar yang berlaku. Pastikan bahwa spesimen memiliki dimensi, bentuk, lekukan, dan permukaan yang sesuai, dan jika perlu, lakukan lekukan pada spesimen dengan alat pemotong lekukan.
  • Pilih metode uji efek (Charpy atau Izod) dan nyalakan alat. Sesuaikan kapasitas palu pendulum dengan energi yang dibutuhkan untuk mematahkan spesimen. Jika perlu, sesuaikan torsi palu pendulum dengan alat pengukur torsi.
  • Spesimen harus diletakkan dengan rapat dan benar pada penyangga atau dasar alat sesuai dengan metode uji impak yang dipilih. Jika perlu, atur suhu spesimen menggunakan pemanas atau alat pendingin sesuai dengan standar yang berlaku.
  • Pastikan palu pendulum sejajar dengan spesimen dan tidak terhalang. Jika perlu, atur sudut ayunan dengan alat pengukur sudut.
  • Biarkan palu pendulum berayun dan memukul spesimen setelah mengeluarkan pengunci. Perhatikan apakah spesimen patah atau retak karena pukulan palu pendulum. Gunakan kamera atau sensor untuk merekam proses pengujian jika diperlukan.
  • Baca nilai energi yang diserap spesimen dari skala atau layar alat. Nilai-nilai ini menunjukkan kekuatan atau ketangguhan material. Gunakan komputer atau software untuk menyimpan dan menganalisis hasil pengujian jika diperlukan.
  • Untuk spesimen lain yang akan diuji, ulangi langkah-langkah di atas. Pastikan Anda menggunakan spesimen yang sama atau sejenis agar hasilnya konsisten dan valid. Jika perlu, hitung rata-rata dan simpangan baku dari data pengujian.

Jual Carton Compression Tester

Kesimpulan Jual Charpy Izod Impact Testing Machine

Jual Charpy Izod Impact Testing Machine – Alat uji ketangguhan Charpy Izod ini dapat melakukan uji impak Charpy dan Izod dan mengukur energi yang diserap oleh material saat retak atau patah karena beban tumbuk yang cepat.

Alat ini sangat penting untuk mengevaluasi kualitas dan kinerja material yang digunakan untuk berbagai aplikasi industri. Tergantung pada kapasitas, fitur, dan kualitasnya, alat ini tersedia dalam berbagai jenis, ukuran, dan harga.

Mengikuti instruksi yang benar akan membuat alat ini mudah digunakan. Selain itu, Anda harus mempertimbangkan statistik, dimensi, bentuk, lekukan, permukaan, suhu, torsi, sudut, dan karakteristik lain dari spesimen material yang dapat memengaruhi hasil pengujian.

Jual Ring Crush Tester

FAQ Jual Charpy Izod Impact Testing Machine

Q: Apa perbedaan antara Uji impak Charpy dan Izod?

A: Uji impak adalah uji yang mengukur kekuatan atau ketangguhan material. Uji impak Charpy dan Izod adalah dua metode yang sangat populer, dan perbedaan antara keduanya adalah:

  • Uji impak Charpy menggunakan balok dengan lekukan V atau U di salah satu sisi. Spesimen diletakkan secara horizontal di antara dua penyangga dan dipukul di bagian tengahnya oleh palu pendulum. Lekukan tidak dekat dengan palu pendulum.
  • Uji impak Izod menggunakan spesimen silinder atau balok dengan lekukan berbentuk V di dekat salah satu ujungnya. Spesimen dijepit secara vertikal pada dasar alat dan kemudian dipukul di atas lekukan oleh palu pendulum. Lekukan harus menghadap ke palu pendulum.

Metode pengujian, hasil, dan standar yang digunakan dipengaruhi oleh perbedaan ini. Uji impak Charpy biasanya lebih baik untuk bahan dengan ketangguhan tinggi, sedangkan uji impak Izod lebih baik untuk bahan dengan ketangguhan rendah.