Harga Cakar Ayam Bangunan Karawang WA 0881.1934.194 – HiSteel Karawang

Harga Cakar Ayam Bangunan Karawang – Cakar ayam adalah jenis pondasi yang digunakan untuk membangun rumah di tanah yang lembek atau berair. Itu terdiri dari pelat beton tipis yang didukung oleh pipa beton yang ditanam di dalam tanah. Dengan menopang beban bangunan, kayu ayam mencegah penurunan atau retakan.

Salah satu inovasi dalam teknik sipil yang ditemukan oleh Prof. Dr. Ir. Sedijatmo pada tahun 1961 adalah cakar ayam. Dia terinspirasi oleh akar pohon kelapa, yang dapat menahan beban pohon yang tinggi meskipun tumbuh di tanah pantai yang kurang padat.Menara listrik tegangan tinggi pertama kali dibangun di daerah rawa-rawa Ancol, Jakarta, dengan menggunakan cakar ayam.

Cakar ayam memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Meningkatkan kekuatan dan stabilitas bangunan, terutama di wilayah yang rentan terhadap gempa bumi dan longsor.
  • Membantu beton tidak retak karena perubahan suhu atau kelembaban.
  • Menghemat biaya dan waktu pembangunan karena tidak memerlukan penggalian tanah yang dalam atau pengisian material.
  • Tidak mengganggu aliran air tanah atau ekosistem sekitarnya, jadi aman bagi lingkungan.

Untuk membuat cakar ayam, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan dan alat, antara lain:

  • Buis beton bertulang harus 120 cm diameter, 8 cm tebal, dan panjang sesuai permintaan.
  • Beton bertulang dengan ketebalan 10-20 cm dan luas sesuai ukuran bangunan.
  • Besi tulangan dengan diameter 8-12 mm dan panjang sesuai permintaan.
  • Pasir, semen, air, dan jika diperlukan aditif
  • Alat-alat seperti bor tanah, cangkul, sekop, palu, meteran, penggaris, tali rapia, dan sebagainya

Langkah-langkah membuat cakar ayam adalah sebagai berikut:

  • Tentukan lokasi pondasi cakar ayam dan ukurannya sesuai dengan desain bangunan.
  • Bor tanah di lokasi tertentu dengan diameter 120 cm dan kedalaman minimal 1 meter. Sebaiknya jarak antara pipa beton adalah 200-250 cm.
  • Buis beton harus dimasukkan ke dalam lubang bor tanah dengan posisinya tegak lurus. Isi celah antara buis beton dan tanah dengan pasir atau material lainnya.
  • Buat pelat beton dengan ketebalan 10-20 cm di atas permukaan tanah. Gunakan besi tulangan untuk menyambungkan pelat dengan pipa beton secara monolitik. Pastikan permukaannya rata dan halus.
  • Sebelum memulai pembangunan bangunan di atas pondasi cakar ayam, biarkan pondasi mengeras selama beberapa hari.

Harga cakar ayam bangunan Karawang

Harga cakar ayam bangunan Karawang

Harga cakar ayam bangunan Karawang bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti:

  • Mengenai jumlah dan ukuran pipa beton yang digunakan
  • Jumlah pelat beton yang dibuat dan ukurannya
  • Jumlah besi tulangan dan ukurannya
  • Jenis dan jumlah material yang diperlukan
  • Pengangkutan material dan jarak
  • harga jasa yang ditawarkan oleh kontraktor atau tukang

Menurut beberapa sumber, harga cakar ayam bangunan di Karawang berkisar antara Rp 300.000 dan Rp 500.000 per meter persegi, tanpa biaya jasa tukang atau kontraktor, yang biasanya sekitar 10-20% dari total biaya material.

Contoh perhitungan harga cakar ayam bangunan Karawang untuk rumah dua lantai dengan luas 100 m2 adalah sebagai berikut:

ItemSatuanHarga SatuanJumlahHarga Total
Buis betonBuahRp 200.00025Rp 5.000.000
Pelat betonm2Rp 150.000100Rp 15.000.000
Besi tulanganKgRp 15.000500Rp 7.500.000
Pasirm3Rp 100.00010Rp 1.000.000
SemenSakRp 70.00050Rp 3.500.000
Airm3Rp 10.0005Rp 50.000
Bahan aditifLiterRp 20.00010Rp 200.000
Biaya jasa tukang/kontraktor%15% dari total biaya materialRp 4.837.500
TotalRp 37.087.500

Dari perhitungan di atas, harga cakar ayam bangunan Karawang untuk rumah 2 lantai dengan luas bangunan 100 m2 adalah sekitar Rp 37 juta.

Jasa Pasang Plafon PVC Karawang

Kesimpulan

Cakar ayam adalah jenis pondasi yang bagus untuk digunakan di tanah yang lembek atau berair. Itu terdiri dari pelat beton tipis yang didukung oleh pipa beton yang ditanam di dalam tanah. Selain meningkatkan kekuatan dan stabilitas bangunan, cakar ayam juga mencegah retakan pada beton, menghemat uang dan waktu pembangunan, dan ramah lingkungan.

Menurut beberapa sumber, harga cakar ayam bangunan di Karawang berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 500.000 per meter persegi, tergantung pada berbagai faktor, termasuk jumlah dan ukuran pipa beton, pelat beton, besi tulangan, dan material lainnya, serta jarak dan tantangan untuk mengangkut material tersebut..

Jasa Pasang Baja Ringan Per Meter Karawang

FAQ

Q: Apa artinya cakar ayam? A: Cakar ayam adalah jenis pondasi yang digunakan untuk membangun rumah di tanah yang lembek atau berair.

Q Siapa yang menemukan cakar ayam? A: Prof. Dr. Ir. Sedijatmo menemukan cakar ayam pada tahun 1961, yang merupakan salah satu inovasi dalam teknik sipil.

Q: Bagaimana membuat cakar ayam? A: Cara membuat cakar ayam adalah dengan menanam pipa beton di dalam tanah dan menggunakan besi tulangan untuk menyambungkannya ke pelat beton secara monolit.

Q: Apa manfaat cakar ayam? A: Cakar ayam meningkatkan kekuatan dan stabilitas bangunan, mencegah retakan di beton, menghemat uang dan waktu pembangunan, dan ramah lingkungan.

Q: Berapa harga cakar ayam konstruksi di Karawang? A: Harga cakar ayam bangunan di Karawang bervariasi tergantung pada banyak faktor. Ini termasuk jumlah dan ukuran pipa beton, pelat beton, besi tulangan, dan material lainnya; jarak dan tantangan yang dihadapi saat mengangkut material; dan biaya tukang atau kontraktor. Menurut beberapa sumber, harga per meter persegi cakar ayam bangunan di Karawang berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 500.000.

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Kami berharap itu membantu Anda dan memberikan informasi yang Anda butuhkan tentang cakar ayam bangunan Karawang. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini jika Anda memiliki pertanyaan atau saran.