Harga Besi Beton Per Batang Jakarta WA 0881.1934.194 – HiSteel Jakarta

Harga Besi Beton Per Batang Jakarta
Harga Besi Beton Per Batang Jakarta
Promo Harga Besi Beton Per Batang Jakarta Jan 2024
Promo Harga Besi Beton Per Batang Jakarta Jan 2024

Harga Besi Beton Per Batang Jakarta – Digunakan untuk membuat struktur bertulang seperti pondasi, kolom, balok, dan plat, besi beton dapat menahan gaya lentur dan tarik. Beton biasanya berbentuk batang panjang dengan diameter mulai dari 6 milimeter hingga 32 milimeter.

Besi beton memiliki beberapa macam, yaitu:

  • Besi beton polos biasanya digunakan untuk struktur sekunder yang tidak membutuhkan kekuatan tarik dan lentur yang tinggi, seperti dinding, pagar, atau lantai. Besi ini memiliki permukaan yang halus dan tidak berulir.
  • Besi beton ulir biasanya digunakan untuk struktur primer yang membutuhkan kekuatan tarik dan lentur yang tinggi, seperti pondasi, kolom, balok, atau plat. Karena permukaannya berulir atau bergelombang, besi beton ulir lebih kuat dan tahan terhadap gaya geser saat diikat dengan beton lainnya.
  • Besi beton yang memenuhi standar nasional Indonesia (SNI) untuk kualitas dan ukuran dilabeli dengan warna di ujungnya untuk menunjukkan jenis dan ukurannya. Besi beton SNI memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih tahan terhadap karat.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Besi Beton

Harga besi beton per batang di Jakarta dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Jenis besi beton: Biasanya, besi beton ulir lebih mahal daripada besi beton polos, dan besi beton SNI lebih mahal daripada besi beton non-SNI.
  • Harga besi beton: Berat besi beton yang lebih besar menyebabkan biaya produksi dan pengiriman yang lebih tinggi, sehingga diameternya lebih besar.
  • Kualitas besi beton: Kualitas besi beton memengaruhi harga karena memiliki kekuatan tarik dan lentur yang lebih besar, yang membuat struktur lebih tahan terhadap gaya dan beban. Kualitas besi beton dapat dilihat melalui sertifikat atau label yang menyertainya.
  • Ketersediaan besi beton: Ketersediaan besi beton di pasaran memengaruhi harganya. Jika permintaan besi beton meningkat sementara pasokan besi beton menurun, harganya akan naik, sebaliknya jika permintaan menurun sementara pasokan besi beton meningkat, harganya akan turun.
  • Pembelian besi beton: Lokasi mempengaruhi harga. Jika pembeli membeli besi beton di dekat pabrik atau gudang penyimpanan, maka harganya akan lebih murah. Namun, jika pembeli membeli besi beton di jauh, harganya akan lebih mahal karena mereka harus membayar biaya transportasi.

Daftar Harga Besi Beton Per Batang Jakarta

Berikut adalah daftar harga besi beton per batang di Jakarta berdasarkan jenis, ukuran, dan kualitasnya (per tanggal 26 Agustus 2023):

JenisUkuranKualitasHarga
Besi beton polos6 mmNon-SNIRp 26.000
Besi beton polos8 mmNon-SNIRp 36.000
Besi beton polos10 mmNon-SNIRp 46.000
Besi beton polos12 mmNon-SNIRp 56.000
Besi beton polos16 mmNon-SNIRp 76.000
Besi beton polos19 mmNon-SNIRp 96.000
Besi beton polos22 mmNon-SNIRp 116.000
Besi beton polos25 mmNon-SNIRp 136.000
Besi beton ulir10 mmSNI (hijau)Rp 51.000
Besi beton ulir13 mmSNI (biru)Rp 66.000
Besi beton ulir16 mmSNI (merah)Rp 86.000
Besi beton ulir19 mmSNI (kuning)Rp 106.000
Besi beton ulir22 mmSNI (putih)Rp 126.000
Besi beton ulir25 mmSNI (coklat)Rp 146.000
Harga Besi Beton Per Batang Jakarta

Tips Memilih dan Membeli Besi Beton

Agar mendapatkan besi beton yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran, berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan:

  • Menentukan jenis besi beton yang dibutuhkan. Jenis besi beton yang dibutuhkan bervariasi berdasarkan fungsi dan desain bangunan. Besi beton ulir adalah pilihan terbaik untuk struktur yang membutuhkan kekuatan tarik dan lentur yang tinggi, tetapi besi beton polos dapat digunakan untuk struktur yang membutuhkan kekuatan tarik dan lentur yang rendah.
  • Ukuran besi beton yang diperlukan bergantung pada beban dan gaya yang akan ditanggung oleh struktur. Ukuran besi beton yang lebih besar diperlukan untuk beban dan gaya yang lebih tinggi. Untuk mengetahui ukuran besi beton, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli konstruksi atau mengacu pada perhitungan teknis yang telah dilakukan sebelumnya.
  • Kualitas besi beton yang dibutuhkan bergantung pada kualitas struktur yang diinginkan. Besi beton SNI adalah pilihan terbaik untuk struktur yang berkualitas tinggi, tahan lama, dan aman, sedangkan besi beton non-SNI adalah pilihan yang lebih berisiko.
  • Membandingkan harga besi beton di berbagai tempat. Harga besi beton dapat berbeda-beda di berbagai tempat berdasarkan faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membandingkan harga besi beton di berbagai tempat sebelum memutuskan untuk membeli satu. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan mengunjungi toko material bangunan langsung, menghubungi penjual-penjual online, atau mencari informasi di internet.
  • Sebelum membeli besi beton, pastikan untuk memeriksa kualitasnya. Sangat disarankan untuk tidak membelinya atau meminta penggantian besi beton jika ditemukan cacat, karat, atau kerusakan lainnya. Ini dapat dilakukan dengan melihatnya, meraba, atau mengetuknya.

Harga Besi H Beam Jakarta

Kesimpulan Harga Besi Beton Per Batang Jakarta

Harga Besi Beton Per Batang Jakarta – Besi beton ulir, polos, dan SNI adalah jenis besi beton yang digunakan untuk membuat struktur bertulang seperti pondasi, kolom, balok, dan plat. Mereka juga digunakan untuk menahan gaya lentur dan tarik.

Harga besi beton per batang di Jakarta dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk jenis, ukuran, kualitas, ketersediaan, dan lokasi pembelian; umumnya, besi beton ulir lebih mahal daripada besi beton polos, dan besi beton SNI lebih mahal daripada besi non-SNI. Diameter besi beton juga berkorelasi dengan harganya. Kualitas besi beton dapat diukur dengan melihat label atau sertifikat yang menyertainya. Permintaan dan pasokan besi beton memengaruhi ketersediaan besi beton di pasar. Karena pembeli harus membayar biaya transportasi, lokasi pembelian besi beton juga mempengaruhi harganya.

Untuk memenuhi kebutuhan dan anggaran Anda, Anda dapat memilih jenis, ukuran, dan kualitas besi beton yang Anda butuhkan, memeriksa harga besi beton di berbagai tempat, dan memeriksa kondisi fisiknya sebelum membelinya.

Harga Shunda Plafon Jakarta

FAQ Harga Besi Beton Per Batang Jakarta

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang harga besi beton per batang di Jakarta:

  • Q: Apa itu SNI?
  • A: Standar Nasional Indonesia (SNI) adalah singkatan dari standar yang dibuat oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) untuk menjamin kualitas dan spesifikasi barang dan jasa di Indonesia.
  • Q: Bagaimana cara menghitung kebutuhan besi beton untuk bangunan?
  • A: Cara menghitung kebutuhan besi beton untuk bangunan adalah dengan menggunakan rumus berikut:
    • Kebutuhan besi beton (kg) = Volume bangunan (m3) x Kebutuhan besi per m3 (kg/m3)
    • Kebutuhan besi per m3 (kg/m3) = Berat jenis besi (kg/m3) x Persentase penggunaan besi (%)
    • Berat jenis besi adalah berat per satuan volume dari besi, yang biasanya berkisar antara 7.800 kg/m3 hingga 7.900 kg/m3.
    • Persentase penggunaan besi adalah persentase dari volume bangunan yang menggunakan besi sebagai materialnya, yang biasanya berkisar antara 1% hingga 2%.
  • Q: Apa bedanya antara harga eceran dan harga grosir?
  • A: Harga eceran adalah harga yang ditawarkan oleh penjual kepada pembeli yang membeli dalam jumlah kecil atau satuan; harga grosir biasanya lebih murah daripada harga eceran.
  • Q: Apa saja merek-merek terkenal dari besi beton di Indonesia?
  • A: Beberapa merek terkenal dari besi beton di Indonesia adalah:
    • Produsen baja terbesar di Indonesia, Master Steel, berdiri sejak tahun 1972, menjual beton berkualitas tinggi seperti MS Beton Ulir SNI, MS Beton Polos SNI, dan MS Beton Ulir Non-SNI.
    • Perusahaan baja terbesar di Asia Tenggara Krakatau Steel berdiri sejak tahun 1970 dan menjual berbagai jenis beton unggulan, termasuk beton ulir SNI, beton polos non-SNI, dan beton ulir SNI.
    • Perusahaan baja Hanil Jaya Steel berdiri sejak tahun 1992 dan menyediakan berbagai jenis beton andalan seperti HJS Beton Ulir SNI, HJS Beton Polos SNI, dan HJS Beton Ulir Non-SNI.
  • Q: Apa yang harus dilakukan jika menemukan besi beton yang rusak atau tidak sesuai dengan pesanan?
  • A: Jika Anda menemukan besi beton yang rusak atau tidak sesuai dengan gambar, segera hubungi penjualnya dan minta penggantian atau pengembalian uang. Jika penjual tidak mau membantu, segera laporkan ke polisi atau konsumen.